Wednesday, November 8, 2017

Tips Melewati Pemeriksaan Bandara dengan Cepat

Tips Melewati Pemeriksaan Bandara dengan Cepat
Tips Melewati Pemeriksaan Bandara dengan Cepat

Banyak orang pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan ketika sedang berada di area pemeriksaan di bandara. Beberapa harus tertahan karena membawa barang yang dilarang di dalam penerbangan, beberapa lainnya harus bersitegang dengan aviation security karena ketidaktahuan tentang prosedur melepas barang-barang yang dipakainya. Padahal prosedur semacam ini memang sudah tertulis dan harus dilakukan demi kepentingan dan keselamatan bersama. Selain persoalan lolos atau tidak saat pemeriksaan, banyak orang juga terganggu dengan proses pemeriksaan yang cukup lama. Padahal jika tahu cara cepat proses pemeriksaan bandara maka semua akan mudah. Berikut ini adalah benda-benda yang harus dihindari dipakai agar pemeriksaan Anda tidak tertunda dan beberapa tips melewati pemeriksaan bandara dengan cepat.
 
Sepatu yang Sulit Dilepas
Hindari menggunakan sepatu bertali. Sebab sepatu semacam ini hanya akan memperlama Anda membuka sepatu. Banyak bandara internasional yang memberlakukan aturan ketat dalam hal pemeriksaan untuk menghindari penyelundupan barang. Maka dari itu gunakan saja sepatu nyaman yang mudah untuk dilepas. Dengan lebih mudah membuka sepatu maka petugas juga tidak akan mencurigai Anda. Tips melewati pemeriksaan bandara dengan cepat ini harus Anda ingat dengan baik.

Perhiasan Berbahan Logam
Pastikan Anda tidak sedang memakai aksesoris apapun yang berbahan dasar logam, termasuk ikat pinggang. Sebab, ketika dalam pemeriksaan, Anda akan melalui alat pemindai logam yang pastinya akan berbunyi ketika Anda menggunakan barang berbahan logam dan melewatinya. Sebenarnya alat ini digunakan untuk memindai barang berbahaya yang umumnya memang memakai material logam. Tetapi kesensitifannya tersebut membuat semua bahan dari logam akan selalu terdeteksi.

Jika Anda tidak ingin tertahan, sebaiknya tidak perlu memakai barang dari logam. Masukkan saja aksesoris Anda ke dalam tas kecil yang akan dipindai tersendiri sehingga Anda tidak perlu repot melepasnya.

Jaket
Biasanya petugas keamanan akan menghampiri mereka yang menggunakan jaket sebelum melewati mesin pemindai. Untuk itu lepas dulu jaket Anda sebelum diminta. Jadi Anda bisa menghindari teguran dan obrolan tentang melepas jaket yang bisa memakan waktu Anda beberapa menit lebih lama.

Pakaian yang Dianggap Subversif
Hal ini memang nampaknya sepele tapi bisa mendatangkan masalah. Beberapa maskapai sering mendapati calon penumpang mereka yang menggunakan pakaian yang terdapat gambar maupun tulisan yang bisa menimbulkan kesalahpahaman, salah satunya adalah kata makian, dan penumpang tersebut harus tertahan dan boleh naik asal melepas atau menutupi gambar maupun tulisan yang subversif tersebut. Jika Anda ingin pergi ke tempat tertentu, pikirkan juga kondisi sosial politik yang sedang terjadi di sana. Jangan sampai Anda salah kostum dan malah ditolak oleh maskapai untuk terbang.

Pakaian Kelewat Longgar
Banyak orang menyukai menggunakan pakaian yang longgar karena tentunya lebih nyaman. Namun, jangan sampai pakaian yang Anda pakai kelewat longgar hingga terkesan kedodoran. Baju semacam ini bisa menimbulkan kecurigaan dari petugas keamanan bandara. Pakaian yang longgar bisa membuat Anda dianggap menyembunyikan benda yang terlarang. Maka pakai saja pakaian yang nyaman dan sopan. Jangan pula menggunakan pakaian yang berlapis-lapis, tentunya ini akan memakan waktu yang lebih banyak lagi jika Anda diharuskan melepasnya karena suatu kondisi.

Tips melewati pemeriksaan bandara dengan cepat semacam ini sebenarnya sangat sederhana, namun banyak calon penumpang yang tidak memperhatikannya. Padahal menghemat waktu beberapa menit bisa sangat berharga bagi mereka yang sedang terburu-buru dan tidak punya banyak waktu di tempat pemeriksaan. Semoga perjalanan Anda selamat, aman, dan nyaman.

1 comment:

  1. Aku nih yang kalo jalan jalan jauh hobi pake jaket dan selalu rempong depan petugas bandara sebelum masuk gara gara harus buka jaket dulu trus dipakai lagi.

    ReplyDelete